Puncak Acara Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023

17 November 2023 03:06:36pm ADMINISTRATOR

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 59 tahun 2023 Kabupaten Lampung Tengah di gelar di Lapangan Merdeka Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah Jumat pagi (17.11.2023 ).

Bupati Lampung tengah H. Musa Ahmad memimpin langsung Perayaan HKN ke 59. Hadir mendampingin Bupati,Plt Kepala Dinas Kesehatan,Staf Ahli,Kepala OPD,Direktur Rumah Sakit Demang Sepulau Raya,Kepala puskes se Lampung Tengah dan Direktur RS swasta se Lampung Tengah serta seluruh Nakes se Kabupaten Lampung Tengah.

Pada kesempatan tersebut Bupati membacakan sambutan Mentri Kesehatan Republik Indonesia, dalam isi sambutan tersebut mentri Kesehatan menekan kan 6 pilar tranformasi kesehatan yang merupakan penopang sistem Kesehatan Indonesia yang harus di bangun serius dan terus menerus di antaranya

Pilar pertama tranformasi Layanan Kesehatan  primer adalah layanan kesehatan yang di berikan pada tingkat pertama yaitu puskesmas dan jaringannya.layanan kesehtan ini harus dapat memberikan layanan yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat terutama daerah terpencil dan tertinggal

Pilar kedua tranformasi layanan rujukan di lakukan dari akses layanan Kesehatan yang susah menjadi lebih mudah

Pilar ketiga tranformasi sistem ketahanan kesehatan ,dari industri kesehatan yang bergantung keluar negri menjadi mandiri di dalam negri dan dari sistem Kesehatan yang rentan di masa wabah menjadi tangguh.Pilar ke empat tranformasi pembiayaan kesehatan,dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif.Pilar kelima SDM kesehatan,dari tenaga Kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata.Dan Pilar ke enam tranformasi teknologi,dari sistem informasi yang terfragmantasi menjadi terintegrasi dan dari teknologi Kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan.

Dan dalam sambutannya Menkes menambhakan bahwa Tranformasi Kesehatan tidak terwujud tanpa tranformasi budaya kerja para insan Kesehatan. Diharapkan kepada seluruh tenaga Kesehatan,seluruh pegawai dan pejabatpemerintah agar dapat bekerja dengan kompeten,jujur,selaras dalam mengawal dan menyukseskan Tranformasi Kesehatan.

Pada momentum HKN ke 59 ini,Bupati Lampung Tengah berserta jajarannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan dan mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 Tahun. "Kita telah bangkit dari covid, kita telah melewati nya dengan kerjasama dan sinergitas yang baik.Mari kita semakin tingkatkan pelayan kesehatan kepada masyarakat," ucap Bupati.

Sementara itu di dalam sambutannya Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah  mengatakan kegiatan HKN ke 59 kali ini mengusung tema " Tranformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju "lalu Pak Rusmadi mengatakan , rangkaian HKN tersebut di mulai dari tanggal 14 s/d 16 November 2023.

Berbagai kegiatan telah di laksanakan di antaranya lomba publikasi enam pilar terhadap sumbangsih kesehatan,bhakti sosial kesehatan,seminar kesehatan kulit dan punck acara senam bersama di Kecamatan Kota Gajah.